Produsen/Supplier/Jual Songkok Bordir Terbaik Harga Terjangkau (WA 085730453518)

Songkok atau juga dikenal sebagai peci merupakan sebuah penutup kepala yang berbentuk runcing di kedua ujungnya. Songkok bordir sangat identik dengan sosok Proklamator kita yakni Bapak Ir.Soekarno. Bahkan dalam kunjungan kenegaraannya lebih sering kita jumpai foto beliau dengan songkok bordir berwarna hitam di atas kepala. Saat ini songkok biasa digunakan oleh kaum pria bukan hanya sebagai penutup kepala biasa namun juga digunakan dalam acara resmi kenegaraan ataupun peribadatan seperti upacara-upacara. Terlihat songkok bordir hitam digunakan pasukan paskibra saat bertugas pengibaran bendera merah putih.

Masuknya songkok bordir ke Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Arab melalui jalur perdagangan yang masuk ke wilayah tanah Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Seperti yang kita kenal, bangsa Arab memiliki pakaian khas yang identik dengan jubah panjang dan sorban dikepala. Selama periode prdagangan itu, secara tidak langsung terjadi pertukaran budaya antara bangsa Arab dengan bangsa Melayu waktu itu. Nah singkatnya, penutup kepala yang biasa dipakai oleh orang arab kemudian diadaptasi hingga menjadi peci atau songkok yang kita kenal saat ini. Songkok bordir yang terkenal di Indonesia adalah songkok bordir hitam, sedangkan di Turki sering dijumpai songkok bordir berwarna merah marun.

Menurut sumber yang lain, songkok bordir berasal dari budaya orang Turki. Penduduk lokal Turki biasa memakai penutup kepala yang disebut topi Fez, kemudian mereka memperkenalkan budaya itu kepada penduduk lokal Indonesia. Untuk membedakan dengan warga Turki, penduduk lokal memendekkannya.

Orang zaman itu memakai songkok bordir tak hanya sekedar menjadi penutup kepala secara fisik namun juga mengandung nilai filosofi. Orang -orang zaman itu menutupi kepala dari segala unsur yang menganggu terutama dari segi keagamaan dan keilmuan. Penutup kepala ini memiliki fungsi kemuliaan layaknya mahkota yang dikenakan oleh putri. Jika seorang putri memakai mahkota, maka seorang pria memakai songkok bordir sebagai symbol kehormatannya.

Songkok bordir di Indonesia sebagai simbol Nasionalisme, terkenalnya songkok bordir di Indonesia tak lepas dari andil Ir. Soekarno yang konsisten menggunakan songkok khasnya dalam setiap kunjungan kenegaraan. Semua ini berawal ketika dalam sebuah pertemuan Jong Java, Bung Karno terpikir untuk mengenakan simbol baru yang dapat mempersatukan kaum pelajar.

Kaum pelajar saat itu pada umumnya tidak mau menggunakan pakaian ala priyayi jawa yang dianggapnya sebagai pakaian feodal dan tidak modern. Sebagian besar dari mereka lebih senang memakai pakaian ala barat dan menganggap rendah orang yang mengenakan setelan ala pribumi terutama penggunaan tutup kepala. Berawal dari ide besar Bung Karno yang masih muda waktu itu merasa harus ada sebuah simbol nasionalisme yang berakar dari budaya pribumi. Akhirnya dalam sebuah pidato beliau mengusulkan songkok bordir alias peci hitam sebagai simbol nasionalisme yang asli milik rakyat Indonesia.

Peci, kopiah atau yang disebut juga sebagai songkok, merupakan penutup kepala yang biasa dipergunakan pria muslim di Indonesia dan juga negara lainnya di seluruh dunia untuk sholat terlebih pada saat akan beribadah ke Masjid atau untuk acara-acara ibadah lainnya. Pada masa sekarang songkok bordir juga sudah diterapkan di sekolah islam di Indonesia. Mulai dari sekolah MI, MTs,hinggga MA.

Untuk bentuk dan jenisnya, songkok bordir di Indonesia, saat ini terdiri dari berbagai model dan desain modern atau yang juga disebut keren oleh anak-anak remaja yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Ada yang berbentuk bulat dan lonjong dan terbuat dari bahan kain yang berbeda-beda pula, serta untuk ukuran tinggi dan panjang lingkar kepala yang juga bervariasi.

Untuk memilih songkok bordir sebelum membeli, ada baiknya memperhatikan beberapa tips berikut ini agar benar-benar nantinya anda membeli peci yang memang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda yang nyaman dikenakan serta tidak membuat kepala menjadi cepat panas dan gerah. Antara lain cirinya adalah :

  1. Songkok berlubang udara (AC)

Salah satu ciri dari peci, kopiah, atau songkok yang baik adalah yang memiliki lubang untuk sirkulasi udara/ventilasi agar tidak membuat suhu rambut yang ada diatas kepala menjadi lebih cepat gerah dan panas sehingga membuat keringat keluar.

  1. Songkok yang bisa dicuci

Khususnya untuk jenis jenis songkok memang tidak bisa dicuci, tapi untuk jenis lainnya yang terbuat dari bahan kain tentu bisa di cuci dan aman terkena air, di jemur dan dikeringkan. Dan jika anda tetap mau menggunakan songkok, sebaiknya miliki 2 atau 3 agar bisa dipakai berganti-ganti dan tidak bau untuk menjaga performa agar tetap prima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Gratis !