Produsen/Pabrik/Penyedia/Jual Songkok Bordir TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, Universitas (WA 085730453518)

Songkok, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tudung kepala untuk kaum pria (biasanya terbuat dari bahan beludru). Songkok biasa juga disebut kopiah atau peci. Songkok adalah jenis busana yang pemakaiannya diperuntukkan di kepala. Pemakaian songkok biasanya pada acara tertentu yang lebih pada acara keagamaan, upacara kepahlawanan dan upacara adat istiadat. Pada mulanya songkok diyakini karena dibawa oleh para pedagang India yang datang ke tanah Melayu untuk berniaga.

Songkok sangat dikenal oleh masyarakat Melayu terkhusus yang beragama Islam. Penggunaan songkok akan terlihat saat digunakan untuk sholat maupun acara upacara resmi. Songkok sangat populer di beberapa negara yang mayoritasnya terdapat suku Melayu seperti Indonesia, Melayu, Singapura dan Brunei.

Penggunaan songkok di Indonesia tidak terbatas pada acara upacara saja. Penggunaan songkok banyak pada kalangan sekolah yakni terutama sekolah yang notabenya islami. Pada sekolah madrasah songkok masuk ke dalam atribut seragam yang wajib dipakai, karena songkok dimasukkan dalam peraturan menggunakan seragam lengkap bagi siswa laki-laki.

Dalam acara resmi misalnya, songkok identik dikenakan oleh pejabat-pejabat negara di Indonesia. Pejabat negara di Indonesia saat melakukan kunjungan dinas ke luar negeri tak luput menggunakan songkok hitam sebagai symbol bahwasanya songkok adalah ciri khas busana warga Indonesia. Songkok berupa peci hitam bahkan sudah menjadi identitas bagi warga Indonesia.

Presiden kita yang pertama yakni Bapak Soekarno adalah yang mempopulerkan songkok peci hitam sebagai sebuah identitas nasional. Dalam perjalanan beliau ke beberapa negara sahabat tampak beliau mengenakan songkok atau peci hitam yang tersemat di kepalanya. Bisa diartikan bahwa dengan demikian menggunakan songkok hitam ini merupakan symbol sebuah kehormatan bagi pejabat negara Indonesia. Beliau Bapak Soekarno setia menggunakan songkok hitam kemanapun pergi termasuk dalam semua kunjungan dan pertemuannya dengan pemimpin  negara lain.

Songkok hampir mirip dengan fez atau tarbus yang sangat populer di Negara Turki. Tarbus berasal dari Yunani Purba dan kemudian diadaptasi oleh Kerajaan Turki Uthmaniyyah. Pada awalya, serban panjang akan dililitkan pada bagian tepi tarbus, tetapi lambat laun serban yang dililitkan sudah tidak terpakai lagi. Tarbus awalnya berbentuk bulat, tetapi sekarang sudah mengalami pergeseran pada bentuk yang lebih panjang atau lonjong dan keras, menjulang ke atas. Di Negara Turki sendiri tarbus terkenal dengan warna merah.

Tarbus adalah cikal dari songkok yang terkenal di Melayu. Dari bentuk awal tarbus diubah sedikit menjadi bujur dan permukaan atasnya diubah menjadi rata, bentuk inilah yang bertahan hingga sekarang. Tidak sama dengan songkok milik Indonesia yang bentuknya bulat namun bisa dilipat, sehingga bentuk atasnya tidaklah datar akan tetapi sedikit agak cekung akibat lipatan pada songkok.

Seiring perkembangan yang terjadi pada dunia fashion yang merambah ke pakaian bernuansa islami, songkok semakin beragam modelnya. Songkok ada yang terbuat dari kain beludru, benang nilon, atau juga dalam bentuk rajutan. Saat ini songkok tidak berkutat pada warna hitam saja, banyak warna dan variasi lain bisa ditemui, songkok hitam pun tidak hanya polos namun juga dikreasi dalam model songkok bordir.

Songkok bordir adalah songkok berbahan dasar kain beludru, yang didalamnya dilapisi bahan keras seperti kertas agak tetap kokoh berdiri saat dikenakan di kepala. Songkok bordir banyak dipakai oleh santri atau siswa yang sekolah di madrasah. Songkok bordir bisa bertuliskan almamater atau brand sekolah, sehingga songkok yang dipakai masuk dalam kategori seragam lengkap. Songkok bordir biasa bertuliskan lambang organisasi keagamaan seperti NU (nadhatul ulama), Muhammadiyah, dan atau lambang nama sekolah. Siswa yang memakai songkok terkesan lebih sopan dan santun, selain pada tujuan utama yakni rapi berseragam lengkap. Tujuan dari pemakaian songkok pada siswa di sekolah yakni membentk pribadi yang santun serta menjadi symbol kesantrian pelajar/siswa.

Kami siap melayani pemesanan dari Seluruh Wilayah Indonesia
Pulau Kalimantan (WA 085730453518)
Bengkayang, Barito Selatan, Balangan, Berau, Bulungan, Kapuas Hulu, Barito Timur, Banjar, Kutai Barat, Malinau, Kayong Utara, Barito Utara, Barito Kuala, Kutai, Kartanegara, Nunukan, Ketapang, Gunung Mas, Hulu Sungai Selatan, Kutai Timur, Tana Tidung, Kubu Raya, Kapuas Hulu, Sungai Tengah, Mahakam Ulu, Tarakan, Landak, Katingan, Hulu Sungai Utara, Paser, Melawi, Kotawaringin Barat, Kotabaru, Penajam Paser Utara, Pontianak, Kotawaringin Timur, Tabalong, Balikpapan, Sambas, Lamandau, Tanah Bumbu, Bontang, Sanggau, Murung Raya, Tanah Laut, Samarinda, Sekadau, Pulang Pisau, Tapin, Sintang, Sukamara, Banjarbaru, Singkawang, Seruyan, Banjarmasin, dan Palangka Raya.
Pulau Sulawesi (WA 085730453518)
Majene, Bolaang Mongondow, Banggai, Bantaeng, Banggai, Boalemo, Mamasa, Bolaang Mongondow Selatan, Banggai Kepulauan, Barru, Banggai Kepulauan, Bone Bolango, Mamuju, Bolaang Mongondow Timur, Banggai Laut, Bone, Banggai Laut, Gorontalo, Mamuju Tengah, Bolaang Mongondow Utara, Buol, Bulukumba, Buol, Gorontalo Utara, Mamuju Utara, Kepulauan Sangihe, Donggala, Enrekang, Donggala, Pohuwato, Polewali Manda, Kepulauan Siau, Morowali, Gowa, Morowali, Gorontalo, Kepulauan Talaud, Morowali Utara, Jeneponto, Morowali Utara, Minahasa, Parigi Moutong, Kepulauan Selayar, Parigi Moutong, Minahasa Selatan, Poso, Luwu, Poso, Minahasa Tenggara, Sigi, Luwu Timur, Bitung, Tojo Una-Una, Luwu Utara, Sigi, Kotamobagu, Toli-Toli, Maros, Tojo Una-Una, Manado, Palu, Pangkajene dan Kepulauan, Toli-Toli, Tomohon, Pinrang, Palu, Sidenreng Rappang, Sinjai, Soppeng, Takalar , Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Makassar, Palopo, dan Parepare.
Pulau Papua (WA 085730453518)
Asmat, Biak Numfor, Boven Digoel, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Keerom, Kepulauan Yapen, Lanny Jaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mappi, Merauke, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, Pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Tolikara, Waropen, Yahukimo, Yalimo, dan Jayapura.
Pulau Maluku dan Maluku Utara (WA 085730453518)
Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Ambon, Tual, Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula, Halmahera Timur, Pulau Morotai, Pulau Taliabu, Ternate, dan Tidore Kepulauan.
Pulau Bali (WA 085730453518)
Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Denpasar
Pulau NTB dan NTB (WA 085730453518)
Bima, Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Mataram, Alor, Belu, Ende, Flores, Timur, Kupang, Lembata, Malaka, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, dan Timor Tengah Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Gratis !