Produsen/Supplier/Jual Alat Kesenian Tradisional (WA 085730453518)

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau – pulau dan memiliki kebudayaan yang sangat beragam. Salah satu kebudayaan Indonesia adalah kesenian berupa alat musik tradisional. Alat musik tradisional adalah instrumen musik atau alat musik yang berkembang secara turun temurun pada suatu daerah. Banyak sekali jenis alat musik tradisional yang ada di Indonesia, hal tersebut terjadi karena letak geografis dan ragam kebudayaan lainnya yang membuat alat musik satu daerah dengan daerah lain menjadi berbeda – beda. Hampir setiap daerah di negara Indonesia memiliki alat kesenian masing-masing. Alat musik tradisional pada daerah tertentu, memiliki ciri khas tersendiri, meskipun ada beberapa alat musik yang terlihat mirip, akan tetap memiliki perbedaan alat musik satu dengan alat musik yang lainnya. Alat musik tradisional tentu perlu dilestarikan agar tetap terjaga dengan baik. Untuk melestarikannya, satuan pendidikan atau sekolah ikut berperan penting dalam mengenalkan dan mempelajari kesenian tradisional Indonesia kepada peserta didiknya. Dengan memperkenalkan dan mempelajari kesenian tradisional, peserta didik telah menunjukkan kecintaannya dengan turut melestarikan kebudayaan bangsa, biasanya dimasukkan dalam mata pelajaran Seni Budaya atau kegiatan ekstrakulikuler.

Alat musik terdiri dari beberapa jenis. Jika dilihat dari cara memainkannya, alat musik tradisional dibedakan menjadi alat musik pukul, alat musik tiup, alat musik petik, dan alat musik gesek. Dari segi penampilan atau bentuk, banyak alat musik tradisional di Indonesia yang dipengaruhi oleh budaya dari negara lain, baik dari budaya negara – negara Barat maupun dari negara Asia lainnya karena akulturasi budaya sehingga mempengaruhi perkembangan alat musik tradisional yang ada di beberapa daerah Indonesia. Alat musik tradisional memiliki berbagai karakteristik yang sangat unik yang dilihat dari bahan, warna suara, tangga nada yang digunakan, dan fungsinya dalam masyarakat di setiap daerah masing-masing.

Fungsi dari alat musik tradisional adalah sebagai alat atau sarana upacara adat yang sudah dilakukan secara turun menurun dan berlangsung sejak lama. Contohnya adalah untuk mengiringi upacara adat yang berkaitan dengan kegembiraan, seperti upacara perkawinan dengan  tabuhan kebogiro pada gamelan Jawa yang digunakan untuk mengiringi upacara panggih pengantin pada saat iring – iringan pengantin masuk ke pelaminan. Alat musik tradisional juga digunakan untuk mengiringi upacara adat yang berkaitan dengan kesedihan, seperti upacara kematian dan juga digunakan pada upacara adat lainnya seperti upacara keagamaan.

Alat musik tradisional sebagai warisan budaya digunakan untuk mengiringi pertunjukan seni agar pertunjukkan menjadi lebih hidup. Misalnya pada saat pertunjukkan seni tari tradisional, kedudukan alat musik tradisional ini tidak bisa dipisahkan dan sudah menjadi satu kesatuan yang utuh dari pertunjukan seni tari karena alat musik tradisional digunakan sebagai iringan tari daerah setempat. Selain itu alat musik tradisional juga menjadi sarana komunikasi, kreasi, dan ekspresi penduduk setempat dengan bermain alat musik tradisional dengan  keluarga, warga desa, atau teman dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan karena mereka akan berkumpul dan memainkan alat musik tradisional bersama – sama sehingga alat musik tradisional dapat menjadi sarana berkomunikasi antar masyarakat.

Kami adalah Supplier Perlengkapan Sekolah menyediakan berbagai macam alat musik tradisional untuk mendukung peserta didik dalam melestarikan budaya kesenian musik tradisional Indonesia. Alat musik tradisional di Indonesia banyak sekali macamnya, seperti jimbe, hadroh, katubung, gamelan, gendang, rebana, dan lain – lain. Silahkan diskusikan dengan kami permintaan anda, kami akan melayani dengan baik. Segera hubungi kontak admin kami untuk informasi lebih lanjut.

Kami siap melayani pemesanan dari Seluruh Wilayah Indonesia

Pulau Kalimantan (WA 085730453518)

Bengkayang, Barito Selatan, Balangan, Berau, Bulungan, Kapuas Hulu, Barito Timur, Banjar, Kutai Barat, Malinau, Kayong Utara, Barito Utara, Barito Kuala, Kutai, Kartanegara, Nunukan, Ketapang, Gunung Mas, Hulu Sungai Selatan, Kutai Timur, Tana Tidung, Kubu Raya, Kapuas Hulu, Sungai Tengah, Mahakam Ulu, Tarakan, Landak, Katingan, Hulu Sungai Utara, Paser, Melawi, Kotawaringin Barat, Kotabaru, Penajam Paser Utara, Pontianak, Kotawaringin Timur, Tabalong, Balikpapan, Sambas, Lamandau, Tanah Bumbu, Bontang, Sanggau, Murung Raya, Tanah Laut, Samarinda, Sekadau, Pulang Pisau, Tapin, Sintang, Sukamara, Banjarbaru, Singkawang, Seruyan, Banjarmasin, dan Palangka Raya.

Pulau Sulawesi (WA 085730453518)

Majene, Bolaang Mongondow, Banggai, Bantaeng, Banggai, Boalemo, Mamasa, Bolaang Mongondow Selatan, Banggai Kepulauan, Barru, Banggai Kepulauan, Bone Bolango, Mamuju, Bolaang Mongondow Timur, Banggai Laut, Bone, Banggai Laut, Gorontalo, Mamuju Tengah, Bolaang Mongondow Utara, Buol, Bulukumba, Buol, Gorontalo Utara, Mamuju Utara, Kepulauan Sangihe, Donggala, Enrekang, Donggala, Pohuwato, Polewali Manda, Kepulauan Siau, Morowali, Gowa, Morowali, Gorontalo, Kepulauan Talaud, Morowali Utara, Jeneponto, Morowali Utara, Minahasa, Parigi Moutong, Kepulauan Selayar, Parigi Moutong, Minahasa Selatan, Poso, Luwu, Poso, Minahasa Tenggara, Sigi, Luwu Timur, Bitung, Tojo Una-Una, Luwu Utara, Sigi, Kotamobagu, Toli-Toli, Maros, Tojo Una-Una, Manado, Palu, Pangkajene dan Kepulauan, Toli-Toli, Tomohon, Pinrang, Palu, Sidenreng Rappang, Sinjai, Soppeng, Takalar , Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Makassar, Palopo, dan Parepare.

Pulau Papua (WA 085730453518)

Asmat, Biak Numfor, Boven Digoel, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Keerom, Kepulauan Yapen, Lanny Jaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mappi, Merauke, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, Pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Tolikara, Waropen, Yahukimo, Yalimo, dan Jayapura.

Pulau Maluku dan Maluku Utara (WA 085730453518)

Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Ambon, Tual, Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula, Halmahera Timur, Pulau Morotai, Pulau Taliabu, Ternate, dan Tidore Kepulauan.

Pulau Bali (WA 085730453518)

Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Denpasar

Pulau NTT dan NTB (WA 085730453518)

Bima, Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Mataram, Alor, Belu, Ende, Flores, Timur, Kupang, Lembata, Malaka, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, dan Timor Tengah Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Gratis !