Produsen/Pabrik/Penyedia/Agen/Jual Dasi, Kaos Kaki, dan Bet Sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA (WA 085730453518)

Seragam sekolah lengkap terdiri dari bagian kepala dan badan sampai kaki. Mulai dari kepala menggunakan topi, kemudian yang menempel pada badan adalah seragam kemeja, seragam kemeja dilengkapi dengan dasi sekolah yang dikenakan pada kerah baju, kemudian pada saku kemeja dilengkapi bet sekolah, kemudian seragam bagian bawah menggunakan celana sekolah lengkap dengan ikat pinggang, dan bagian kaki mengenakan kaos kaki.

Semua atribut seragam sekolah digunakan oleh semua siswa di sekolah, tujuannya adalah agar rapi disiplin. Topi sekolah berbeda dengan topi bukan sekolah, pada topi sekolah memiliki standart masing-masing di setiap sekolah. Namun secara umum bentuknya sama seperti topi lainnya. Topi pada sekolah jenjang PAUD atau TK biasanya mengikuti warna dasar dari seragam yang dipakai. Pada misalnya hari senin dan selasa siswa PAUD atau TK menggunakan seragam warna ungu, maka topi berwarna ungu agar warnanya selaras dan rapi. Pada hari berikutnya rabu kamis seragam sekolah merah berpadu dengan kuning, maka topi juga mengikuti warna seragam, dan pada hari jumat atau sabtu siswa menggunakan seragam olahraga hijau maka topi berwarna hijau. Setidaknya dalam satu pekan menggunakan 3 topi secara bergantian.

Topi sekolah pada jenjang selanjutnya yakni jenjang SD atau MI, pada jenjang ini dipastikan semua hampir sama yakni pada hari senin dan selasa menggunakan topi merah putih. Topi merah putih mengikuti warna seragam yakni kemeja putih dan bawahan berwarna merah berupa rok bagi siswa perempuan, dan celana bagi siswa laki-laki. Seragam merah putih yang dipakai oleh siswa SD atau MI memiliki sebuah dasar.

Dasar penggunaan seragam ini berdasarkan sejarah kebijakan penggunaan seragam sekolah di Indonesia. Dikutip dari buku Sejarah SMA/MA Kelas XII IPA karya A. Ferry T. Indratno dkk, penggunaan seragam sekolah di Indonesia pertama kali diterapkan pada masa kepresidenan era Orde Baru. Pada saat itu, semangat dan jiwa nasionalisme bangsa masih terasa sangat tinggi. Alasan pemberlakuan seragam pada siswa sekolah untuk menghindari adanya kesenjnagan sosial selama peserta didik berada di lingkungan sekolah.

Dalam sumber lain buku Pendidikan yang Memiskinkan yang disusun oleh Darmaningtyas , ketentuan seragam secara nasional baru diberlakukan sejak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef pada tahun 1987-1983. Kebijakan ini berisi ketentuan warna seragam merah putih untuk SD, biru putih untuk SMP, dan abu-abu putih untuk SMA. Berawal dari sinilah sampai sekarang warna seragam sekolah SD, SMP, SMA memiliki standart yang sama dan diterapkan pada semua sekolah di Indonesia.

Arti warna merah putih pada seragam SD memiliki arti sendiri. Pencetusnya yaitu Idik Sulaeman, seorang Direktur Pembinaan Kesiswaan di Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah dengan masa periode 1979-1983. Makna warna merah putih pada pasangan seragam SD melambangkan energi dan keberanian bagi siswa untuk belajar.

Pada seragam sekolah terdapat dasi yang berlambangkan gambar burung garuda, yang membedakan identitas dasi satu dengan sekolah lain biasanya terdapat tulisan nama sekolah. Baik pada dasi sekolah pelajar SD, SMP, ataupun SMA semua memiliki gambar yang sama yakni burung garuda. Pada burung garuda ini bertuliskan “bhineka tunggal ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu juga, maknanya adalah Bangsa Indonesia ini bangsa yang besar dan memiliki keberagaman suku, agama, budaya namun tetap saling menghargai dan toleransi.

Bet sekolah terdiri dari bet simbol jenjang SD, SMP, dan SMA yang letaknya menempel di saku, bet yang menunjukkan status kelas yang terdapat di bagian lengan, dan juga bet yang menunjukkan nama sekolah. Pada dasi dan kaos kaki juga bertuliskan nama sekolah.

Kami siap melayani pemesanan dari Seluruh Wilayah Indonesia
Pulau Kalimantan (WA 085730453518)
Bengkayang, Barito Selatan, Balangan, Berau, Bulungan, Kapuas Hulu, Barito Timur, Banjar, Kutai Barat, Malinau, Kayong Utara, Barito Utara, Barito Kuala, Kutai, Kartanegara, Nunukan, Ketapang, Gunung Mas, Hulu Sungai Selatan, Kutai Timur, Tana Tidung, Kubu Raya, Kapuas Hulu, Sungai Tengah, Mahakam Ulu, Tarakan, Landak, Katingan, Hulu Sungai Utara, Paser, Melawi, Kotawaringin Barat, Kotabaru, Penajam Paser Utara, Pontianak, Kotawaringin Timur, Tabalong, Balikpapan, Sambas, Lamandau, Tanah Bumbu, Bontang, Sanggau, Murung Raya, Tanah Laut, Samarinda, Sekadau, Pulang Pisau, Tapin, Sintang, Sukamara, Banjarbaru, Singkawang, Seruyan, Banjarmasin, dan Palangka Raya.
Pulau Sulawesi (WA 085730453518)
Majene, Bolaang Mongondow, Banggai, Bantaeng, Banggai, Boalemo, Mamasa, Bolaang Mongondow Selatan, Banggai Kepulauan, Barru, Banggai Kepulauan, Bone Bolango, Mamuju, Bolaang Mongondow Timur, Banggai Laut, Bone, Banggai Laut, Gorontalo, Mamuju Tengah, Bolaang Mongondow Utara, Buol, Bulukumba, Buol, Gorontalo Utara, Mamuju Utara, Kepulauan Sangihe, Donggala, Enrekang, Donggala, Pohuwato, Polewali Manda, Kepulauan Siau, Morowali, Gowa, Morowali, Gorontalo, Kepulauan Talaud, Morowali Utara, Jeneponto, Morowali Utara, Minahasa, Parigi Moutong, Kepulauan Selayar, Parigi Moutong, Minahasa Selatan, Poso, Luwu, Poso, Minahasa Tenggara, Sigi, Luwu Timur, Bitung, Tojo Una-Una, Luwu Utara, Sigi, Kotamobagu, Toli-Toli, Maros, Tojo Una-Una, Manado, Palu, Pangkajene dan Kepulauan, Toli-Toli, Tomohon, Pinrang, Palu, Sidenreng Rappang, Sinjai, Soppeng, Takalar , Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Makassar, Palopo, dan Parepare.
Pulau Papua (WA 085730453518)
Asmat, Biak Numfor, Boven Digoel, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Keerom, Kepulauan Yapen, Lanny Jaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mappi, Merauke, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, Pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Tolikara, Waropen, Yahukimo, Yalimo, dan Jayapura.
Pulau Maluku dan Maluku Utara (WA 085730453518)
Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Ambon, Tual, Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula, Halmahera Timur, Pulau Morotai, Pulau Taliabu, Ternate, dan Tidore Kepulauan.
Pulau Bali (WA 085730453518)
Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Denpasar
Pulau NTB dan NTB (WA 085730453518)
Bima, Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Mataram, Alor, Belu, Ende, Flores, Timur, Kupang, Lembata, Malaka, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, dan Timor Tengah Utara.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Gratis !